APKTools - Recompile dan Decompile Aplikasi Android via PC

Untuk anda yang suka dengan dunia IT pasti tidak asing dengan kata Decompile (DC) atau Recompile (RC). atau anda yang pernah membuat aplikasi android di komputer anda dan ingin sekali melihat atau mengedit isi-isi dari aplikasi android yang sudah berekstensi .APK namun anda tidak bisa langsung mengedit isi dari aplikasi yang sudah jadi, maka hal yang perlu anda lakukan adalah membongkar isi-isi dari aplikasi tersebut yang kemudian dapat anda edit dengan aplikasi editor kalian seperti android studio, eclipse, dsb. anda tidak perlu khawatir sekarang sudah banyak tools yang tersedia untuk melakukan hal tersebut, namun dalam blog ini saya akan membuat tutorial untuk DC dan RC menggunakan aplikasi APKTool.

Pertama siapkan bahan yang diperlukan.
  1. PC yang sudah terinstall windows 7,8,8.1, atau 10.
  2. PC yang sudah terinstall Java yang anda bisa download disini
  3. Aplikasi APKTool yang bisa anda download disini.
  4. Aplikasi android .APK.
Baiklah setelah peralatan sudah siap langsung kita eksekusi.

1. Pertama anda klik 2x Portal_M6.7.exe. Maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini. kemudian tentukan lokasi direktori untuk menaruh file extract, setelah selesai kemudian klik Extract, tunggu hingga proses extract selesai


2. Kemudian akan ada file dan folder baru hasil extract tersebut yang bernama plugin dan Portable_APKTool.exe.


3. Setelah itu jalankan file Portable_APKTool.exe. dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian pilih Decompile/Recompile pada bar menu. kemudian klik Open.

4. Setelah di klik Open maka akan mengarahkan pada pemilihan Aplikasi pada folder yang ada pada komputer kita, cari file aplikasi yang akan di Decompile tadi, kemudian klik tombol Decompile.

5. Akan muncul page bahwa proses decompiling sedang berlangsung. tunggu saja hingga selesai. jika proses berhasil akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini.

6. Setelah itu pada folder yang dipilih untuk penyimpanan sebelumnya akan muncul folder yang berisikan file-file yang telah di decompile tadi dengan nama yang sama dengan nama aplikasi tersebut, yang berisikan seperti gambar dibawah ini.



7. Setelah itu anda dapat mengedit - edit isi dari aplikasi tersebut sesuka anda, dan pastikan anda jangan sampai menghapus file bernama apktool.yml,  karena file tersebut diperlukan dalam proses untuk recompile kembali.

8. Setelah anda melakukan editing anda bisa melakukan recompile untuk menjadikannya kembali folder path menjadi aplikasi. untuk recompile ikuti langka pada nomor 3 tadi dan pada Recompile(Build) klik tombol FOLDER PATH yang kemudian mengarahkan pada pencarian folder path yang tadi telah di Decompile. seperti dibawah ini.

9. Kemudian klik tombol Compile + Sign jika sudah selesai dan kemudian akan disuruh untuk memilih tempat untuk menyimpan aplikasi yang akan di recompile tersebut

SEKIAN TUTORIAL UNTUK DECOMPILE DAN REMCOMPILE, TERIMA KASIH...

Jangan Lupa untuk Ikuti tautan saya, Share dan Komentarnya
Terimakasih, semoga bermanfaat...

Comments

Post a Comment